Gunung Raung Jember berstatus waspada

Jakarta (ANTARA News) - Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho (ANTARA/Irsan Mulyadi)

Jakarta (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada Minggu pukul 14:00 WIB menaikkan status Gunung Raung di Kabupaten Jember, Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur menjadi waspada.

"Adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunungapi Raung maka PVMBG Badan Geologi telah menaikkan status dari normal menjadi waspada," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu.

Sutopo menjelaskan perubahan status Gunung Raung disebabkan adanya peningkatan gempa hembusan dan perubahan asap menjadi putih kecokelatan sejak Sabtu (4/1).

"Ancaman saat ini hanya berada di sekitar kawah," katanya.

Oleh karena itu, menilik perkembangan kondisi tersebut BNPB merekomendasikan agar warga masyarakat sekitar dan para pendaki tidak bergerak mendekati kawah.

"Sedikitnya radius dua kilometer dari pusat kawah," katanya.

Menyusul perubahan status tersebut, Gunung Raung menjadi salah satu dari enam gunung api yang berada di status waspada saat ini yaitu Gunung Ibu dan Gunung Gamkonora di Halmahera, Maluku Utara, Gunung Ijen (Banyuwangi, Jawa Timur), Gunung Lewotobi Perempuan (Flores, Nusa Tenggara Timur) dan Gunung Soputan (Sulawesi Utara).

Sementara itu, dari 127 gunung berapi aktif di Indonesia hingga saat ini tercatat satu yang berada dalam status awas yaitu Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sejak 24 November 2013.

Sedangkan tiga gunung berstatus siaga yaitu Gunung Karangetan (Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara), Gunung Lokon (Tomohon, Sulawesi Utara) dan Gunung Rokatenda (Pulau Palue sebelah utara Flores, Nusa Tenggara Timur). 


View the original article here

0 comments:

Post a Comment