Peserta ISL Diminta Tak Bandingkan Wilayah Barat & Timur

Pemain Persebaya Surabaya berlatih jelang ISL 2014 (VIVAnews/Adi Yoga)

VIVAbola - PSSI telah memutuskan untuk menerapkan sistem dua wilayah di kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) musim depan. Para klub peserta pun diminta tak membanding-bandingkan kekuatan antara kedua wilayah.

PSSI serta PT Liga Indonesia selaku operator sudah melakukan grouping wilayah pada Jumat, 3 Desember 2013 lalu. Dari hasil grouping, ada empat klub dari wilayah Jawa yang harus rela bermain di wilayah Timur.

Mereka adalah Persiba Bantul, Persepam Madura, Persebaya Surabaya, dan Persela Lamongan. Sedangkan, satu klub asal Kalimantan, Barito Putera, berada di wilayah Barat.

Asisten manajer Barito, M. Arifin, mengakui persaingan di wilayah Barat akan menjadi lebih ketat. Pasalnya, Arifin menilai, di wilayah Barat ada enam klub papan atas yang bisa menjadi penjegal Laskar Antasari untuk bisa menembus fase 8 besar.

"Di wilayah Barat, berkumpul enam klub papan atas. Kalau di Timur hanya beberapa saja seperti Mitra Kukar dan Persipura Jayapura," kata Arifin kepada para wartawan.

Berbeda dengan Arifi, pelatih Persiba Balikpapan, Jaya Hartono, menghimbau agar klub-klub bisa lebih lapang dada menerima keputusan PSSI. Menurut Jaya, atmosfer kompetisi di wilayah Timur yang akan diarungi Persiba juga sama berat.

"Wilayah Barat katanya lebih berat karena klub-klub besar berkumpul di sana. Memang benar, ada Persija Jakarta, Persib Bandung, Sriwijaya, Arema Indonesia, dan lainnya. Tapi patut dicatat juga, persaingan di Timur juga berat," ucap Jaya, Minggu 5 Desember 2013.

Jaya lalu menuturkan beberapa kesulitan yang harus dilewati klub-klub wilayah timur. Menurutnya, upaya menjaga kebugaran fisik selama perjalanan jauh ke kandang lawan salah satunya.

"Sistem transportasi di wilayah Timur lebih sulit ketimbang Barat. Jadi inilah masalah utama kami. Maka dari itu, saya pikir persaingan wilayah Timur juga cukup ketat," jelas dia.

Liga Super Indonesia musim 2014 sendiri rencananya mulai bergulir pada 1 Februari 2014 mendatang, dan dijadwalkan selesai pada 15 November 2014. juara akan ditentukan lewat babak delapan besar, yang diambil dari empat tim terbaik wilayah barat dan timur.



View the original article here

0 comments:

Post a Comment