Tropi Piala Dunia akan singgah di Jakarta

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tropi asli Piala Dunia FIFA akan tiba di Jakarta, Indonesia, Senin (6/1), setelah singgah di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 3--5 Januari, sebagai rangkaian "Trophy Tour 2013/2014".

Tropi asli tersebut, yang bakal singgah di 88 negara dalam waktu 267 hari, akan berada di Jakarta sejak 6--8 Januari," demikian pernyataan badan pengatur sepak bola dunia, FIFA, di lamannya (FIFA.com) Minggu.

Saat piala itu berada di Kuala Lumpur, masyarakat diperbolehkan untuk melihat langsung dan berfoto didepan tropi Piala Dunia tersebut yang hasil fotonya kemudian diberi secara gratis oleh pihak panitia FIFA World Cup Trophy by Cola Cola.

Untuk kawasan ASEAN, tropi ini sebelumnya dibawa ke Vietnam, lalu Malaysia yang merupakan negara ke-56 yang disinggahi, dan berikutnya ke Indonesia.

Tropi ini memiliki tinggi 36,8 sentimeter dengan berat 6,18 kilogram dan terbuat dari emas 18 karat serta dihiasi permata malachite di dasarnya. Nama setiap pemenang FIFA World Cup sejak tahun 1974 juga terukir di bagian bawahnya.

Pengembaraan tropi ke sejumlah negara tersebut bermula pada tahun 2006 dengan singgah di 31 kota pada 28 negara menjelang Piala Dunia di Jerman.

Perjalanan keliling yang kedua pada 2010 menjelajahi 84 negara termasuk 50 negara Afrika dan 130 kota di seluruh dunia untuk turut merayakan penyelenggaraan pertamakalinya ajang bergengsi sepak bola dunia itu di benua Afrika, yakni Afrika Selatan.


View the original article here

0 comments:

Post a Comment