Tontowi/Liliyana & Ahsan/Hendra Juara Dunia

Jakarta - Bulan Agustus menjadi puncak prestasi bulutangkis Indonesia di sepanjang 2013. 'Merah Putih' membawa pulang dua gelar juara dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Dalam turnamen yang digelar di Tianhe Indoor Stadium, Guangzhou, China, Indonesia menempatkan dua wakilnya di babak final. Mereka adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di nomor ganda campuran dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di nomor ganda putra.

Tontowi/Liliyana lebih dulu merebut gelar juara usai memenangi laga final melawan wakil tuan rumah yang kala itu juga merupakan unggulan teratas, Xu Chen/Ma Jin. Setelah melewati pertandingan menegangkan selama tiga gim, Tontowi/Liliyana menang 21-13, 16-21, 22-20.

Bagi Tontowi, ini adalah gelar juara dunianya yang pertama. Sementara untuk Liliyana, ini ada gelar nomor tiga setelah sebelumnya meraih gelar ini di tahun 2005 dan 2007 bersama Nova Widianto.

Gelar juara juga dibawa pulang oleh Ahsan/Hendra. Menghadapi Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark) di partai puncak, Ahsan/Hendra menang dua gim langsung 21-13, 23-21.

Ini menjadi gelar perdana untuk Ahsan. Sedangkan bagi Hendra, gelar tahun ini menjadi yang kedua setelah tahun 2007 bersama Markis Kido.

Dua gelar yang dibawa pulang dari China ini menyamai raihan tahun 2007. Kala itu, gelar juara untuk 'Merah Putih' dipersembahkan oleh Nova/Liliyana dan Kido/Hendra. Di tiga edisi berikutnya --2009, 2010, 2011-- Indonesia nirgelar.Next

(nds/din)

View the original article here

0 comments:

Post a Comment